Cara Mudah Menjahit Lubang pada Baju Kesayangan Inti pembahasan "Cara Mudah Menjahit Lubang pada Baju Kesayangan" adalah:
cara menutup baju bolong, cara menjahit tangan yang rapi dan kuat, cara memperbaiki kain tile yang robek, cara memperbaiki kebaya yang robek, cara membuat baju robek, cara menjahit celana jeans dengan tangan, cara mengatasi baju bolong karena setrika
Agak sedih jika melihat baju kesayangan sobek. Apalagi bila kainnya nyaman banget, adem dan pas dibadan, kita pede dan merasa lebih cantik. Sebelum memperbaiki lubang pada pakaian, Anda perlu mempertimbangkan ukuran dan seberapa kasar tepi robekan, serta jenis kain yang digunakan. “Keliman robek” jauh lebih mudah ditangani daripada lubang besar pada kain. Jika lubang terjadi akibat keliman yang robek, Anda bisa menjahitnya kembali menggunakan benang lebih kuat.

Jika ada sebagian kain yang hilang, Anda bisa menisik lubang dengan benang atau menambalnya dengan kain. Nah berikut ulasan "Cara Mudah Menjahit Lubang pada Baju Kesayangan":

1. Cobalah menggunakan tampal (tambalan yang bisa langsung menempel begitu disetrika), terutama untuk kain yang tebal dan berat. Anda cukup meletakkan tampal di atas lubang, lalu menyetrikanya dengan panas yang cukup sehingga tampal bisa menyatu dengan kain. Anda perlu memperkuat tampal dengan menjahit seluruh tepinya. Gunting sudut-sudut tampal sehingga berbentuk bulat sebelum menempelkannya pada pakaian. Menjahit sekeliling tampal dan membulatkan sudut-sudutnya akan membuat tampal lebih tahan lama. Tampal sangat cocok untuk kain yang lebih tebal, seperti denim. Jika digunakan untuk kain yang lebih tipis dapat merusak bentuknya.
Cara Mudah Menjahit Lubang pada Baju Kesayangan  12. Buatlah tambalan yang tidak kentara. Jika lubang terdapat di bagian pakaian yang mudah terlihat, cobalah untuk menambalnya dari dalam. Jika tidak memungkinkan, belilah kain dengan warna yang semirip mungkin dengan pakaian dan sifat yang sama. Anda juga bisa memilih tambalan yang menarik. Bagi sebagian orang, pakaian yang ditambal bisa menjadi gaya yang modis.
Cara Mudah Menjahit Lubang pada Baju Kesayangan  23. Jahit tambalan dengan tangan untuk bahan yang lebih tipis. Pertama, rapikan benang-benang yang terurai dan oleskan lem tekstil pada pinggiran lubang. Siapkan dua tambalan: satu dengan kain apa saja untuk sisi bawah dan satu lagi dengan kain yang sama dengan pakaian untuk sisi atas. Oleskan lem tekstil terlebih dahulu pada bagian pinggiran lubang. Kemudian, lipat sedikit tepi tambalan untuk sisi atas, dan setrika lipatan agar tidak terbuka. Pilih setelan bordir pada mesin jahit. Letakkan tambalan bawah di bawah lubang dan buat jahitan yang rapat agar dapat menempelkan seluruh pinggiran lubang ke tambalan bawah.
Cara Mudah Menjahit Lubang pada Baju Kesayangan  34. Jahit tambalan bawah secara permanen. Lakukan jahitan maju mundur dan ke atas ke bawah sehingga menciptakan “kain” dari jahitan yang menutupi lubang atau robek. Jahit bagian tepi tambalan bawah dengan jahitan lurus untuk memperkuat perbaikan lubang.

Tutup dengan tambalan atas. Tempatkan tambalan atas yang tepinya sudah dilipat sampai menutupi semua jahitan mesin. Jahit tambalan atas dengan tangan (seperti menjahit aplikasi) menggunakan benang dengan warna yang sama seperti pakaian. Jika menyukai penampilan “sederhana”, Anda juga bisa membordir sekeliling tambalan dengan tusuk sulam Feston.

Demikian penjelasan "Cara Mudah Menjahit Lubang pada Baju Kesayangan", semoga dapat kamu jadikan solusi untuk menjahit lubang pada baju kesayangan kamu.




Sumber:
https://id.wikihow.com/Menjahit-Lubang-pada-Pakaian
https://www.kompasiana.com/fidiawati/54f6d82da333116e5a8b4b63/trik-menutupi-baju-robek-dibuang-sayang